Tips Merawat Sistem Pengereman ABS (Antilock-Braking System) pada Sepeda Motor

DESTINASI YOGYAKARTA-Beberapa tipe sepeda motor sudah dilengkapi fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS (Antilock-Braking System). Melalui fitur ini, pemilik kendaraan akan mendapatkan gaya pengereman yang lebih optimal dan tentunya akan lebih mudah mengontrol laju kendaraan ketika berkendara.

 

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan sistem pengereman ABS (Antilock-Braking System) memang dirancang untuk menjamin keamanan pengendara sekaligus tunggangan dalam segala kondisi pengereman dan permukaan jalan sehingga diharapkan kendaraan tetap dapat dikendalikan dengan sempurna walaupun dalam kondisi pengereman yang kuat.

 

Agar sistem pengereman ABS (Antilock-Braking System) ini dapat berfungsi secara optimal, ada beberapa hal yang sebaiknya rutin untuk dilakukan pemeriksaan atau pengecekan terkait dengan kinerja dan kondisi fisik sistem rem ABS, diantaranya :

 

1. Kondisi Minyak Rem

Minyak rem menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan agar sistem pengereman motor dapat berkerja dengan baik. “Pastikan volume minyak rem pada tangki reservoir tetap sesuai standar artinya tidak lebih dan kurang dari batas yang tertera pada garis “lower” pada tangki reservoir tersebut,” kata Ade.

 

2. Kondisi Kanvas Rem

Kanvas rem merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pengereman motor. Komponen inilah yang berfungsi menjepit disc brake atau piringan cakram (dengan bantuan caliper) pada saat tuas rem ditekan oleh pengendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here